Pemerintah Mesti Tegas Tindak Pelaku Pembakar Lahan 19 September, 2019 Admin Sampan

PONTIANAK-SAMPAN-Direktur SAMPAN Kalimantan Dede Purwansyah mengatakan kejadian kabut asap yang melanda wilayah Kalbar saat ini mesti diupayakan penyelesaiannya. Pemerintah diminta dapat bertindak secara tegas apabila ditemukan korporasi yang menyebabkan lahan terbakar.

“Kami salah satu NGO yang gerah dengan kejadian ini. Perlu ada aksi nyata. Bukan hanya sekedar menyalahkan tetapi langsung bertindak. Jika ditemukan perusahaan pembakar lahan sebaiknya kenakan sanksi,” tegas Dede, kemarin.

Beda dengan kejadian kebakaran di lahan-lahan masyarakat perlu diberikan edukasi. Karena tidak semua masyarakat paham dengan aturan yang diberlakukan oleh pemerintah. “SDM masyarakat tidak semua sama. Alat penanganan karhutla juga terbatas” katanya.

Intruksi mesti diberikan oleh pemimpin daerah hingga ke tingkat desa. Dengan demikian semua komponen tidak saling lempar atau tingggal diam dalam penyelesaian kasus kebakaran hutan dan lahan yang terjadi ini.

Dia juga meminta agar Pemerintah dapat tegas bertindak pada pelaku-pelaku usaha yang kedapatan membakar lahan secara sengaja.

Seperti Pemerintah Pontianak, mengeluarkan aturan bahwa ketika ditemukan lahan sengaja dibakar. Maka pembekuan lahan sampai lima tahun akan dilakukan. Ini sebagai efek jera. Jika kesalahan fatal ada baiknya sanksi diberlakukan lebih dari itu.

One Reply to “Pemerintah Mesti Tegas Tindak Pelaku Pembakar Lahan 19 September, 2019 Admin Sampan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *